Al Bara, Kosekuensi Akidah dan Tauhid

Al Bara, Kosekuensi Akidah dan Tauhid
Saudaraku, menelusuri jejak kehidupan orang-orang yang mulia, bermartabat tinggi, dan terhormat dari kalangan para nabi, kaum shiddiqin, syuhada, dan orang saleh, kita dapatkan bahwa semua itu mereka dapatkan dan raih dengan pengorbanan yang sangat besar dan tidak sedikit.
Bahkan, sampai harus mengorbankan darah dan nyawa. Sungguh, mereka adalah sederetan orang-orang mulia dan bahagia, kaum yang memiliki jiwa pemberani dan tabah menghadapi berbagai tantangan dan risiko dalam hidup.
Mereka adalah barisan orang-orang yang memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dalam menghadapi ujian dan cobaan hidup yang jika disodorkan kepada kita, niscaya kita akan lari dari agama-Nya. Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kepada nabi dan rasul-Nya,

فَٱصۡبِرۡ كَمَا صَبَرَ أُوْلُواْ ٱلۡعَزۡمِ مِنَ ٱلرُّسُلِ

“Bersabarlah engkau sebagaimana bersabarnya ulul ‘azmi dari para rasul.” (al-Ahqaf: 35)
Sabar
Apakah yang menyebabkan mereka siap memikul risiko hidup yang sangat besar? Jawabannya adalah apa yang diceritakan oleh Allah tentang para nabi dan rasul dalam kitab suci-Nya,

فَإِن تَوَلَّيۡتُمۡ فَمَا سَأَلۡتُكُم مِّنۡ أَجۡرٍۖ إِنۡ أَجۡرِيَ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِۖ وَأُمِرۡتُ أَنۡ أَكُونَ مِنَ ٱلۡمُسۡلِمِينَ ٧٢

“Jika kalian berpaling (dari peringatanku), aku tidak meminta imbalan sedikit pun dari kalian dan sesungguhnya imbalanku tidak lain hanyalah dari Allah belaka, dan aku disuruh supaya aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya).” (Yunus: 72)

وَيَٰقَوۡمِ لَآ أَسۡ‍َٔلُكُمۡ عَلَيۡهِ مَالًاۖ إِنۡ أَجۡرِيَ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِۚ

Dan (Nabi Nuh berkata), “Hai kaumku, aku tidak meminta harta benda kepada kalian (sebagai imbalan) bagi seruanku. Imbalanku hanyalah dari Allah.” (Hud: 29)

وَمَآ أَسۡ‍َٔلُكُمۡ عَلَيۡهِ مِنۡ أَجۡرٍۖ إِنۡ أَجۡرِيَ إِلَّا عَلَىٰ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ ١٢٧

Dan (Hud berkata), “Sekali-kali aku tidak minta imbalan dari kalian atas ajakan itu; imbalanku tidak lain hanyalah dari Rabb semesta alam.” (asy-Syu’ara: 127)
Dalil-dalil di atas memberitahukan bahwa mereka menjadi barisan hamba yang sangat tangguh, pemberani, dan sabar di hadapan ujian dan cobaan hidup yang sangat besar, karena yang mereka kejar adalah cinta, ridha, kasih sayang Allah subhanahu wa ta’ala, mengharapkan pertemuan serta perjumpaan dengan-Nya, dan masuk ke dalam surga-Nya.
Saudaraku, kita bisa merenungi bahwa jika yang mereka kejar adalah cinta dari manusia, kedekatan dengan mereka, dan memiliki kedudukan dalam kalbu setiap insan, sungguh mereka tidak akan sampai kepada kemuliaan yang setinggi itu, kedudukan yang sangat berharga. Justru sebaliknya, mereka akan dihinakan, direndahkan, serta akan menjadi bulan-bulanan banyak pihak.
Sadarlah kita bahwa fitnah, malapetaka, ujian, dan berbagai cobaan yang menimpa berguna untuk menyaring siapa yang jujur keimanannya dan yang berdusta. Menyaring siapa yang terbaik amalnya dan yang paling jelek.
Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memasukkan kita ke dalam golongan yang lulus dari saringan dan menjadi orang yang jujur dalam semua aktivitas ibadah kepada- Nya. Amin.
 hurdles-gawang-rintang
Kebaikan dan Kejelekan Adalah Ujian
Kebaikan dan kejelekan, kebenaran dan kebatilan, petunjuk dan kesesatan, tauhid dan kesyirikan, sunnah dan bid’ah, serta keimanan dan kekafiran, sesungguhnya adalah ujian dari Allah subhanahu wa ta’ala.

وَنَبۡلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلۡخَيۡرِ فِتۡنَةٗۖ وَإِلَيۡنَا تُرۡجَعُونَ ٣٥

“Dan Kami menguji kalian dengan kebaikan dan kejelekan. Kepada kami kalian akan kembali.” (al-Anbiya’: 35)
Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata, “Kami menguji kalian dengan kejelekan dan kebaikan, malapetaka dan kesenangan, sehat dan sakit, kaya dan fakir, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, serta petunjuk dan kesesatan.” (Tafsir Ibnu Katsir)
Ketika diuji dengan kebaikan dan kejelekan, ternyata kebanyakan hamba- Nya lebih memilih berjalan di atas kejelekan dan kesesatan. Hal ini telah difirmankan oleh Allah subhanahu wa ta’ala,

وَإِن تُطِعۡ أَكۡثَرَ مَن فِي ٱلۡأَرۡضِ يُضِلُّوكَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِۚ

“Dan jika kamu mengikuti kebanyakan mereka, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah.” (al-An’am: 116)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melukiskan hal ini dalam hadits iftiraqul ummah,
وَإِنَّ أُمَّتِي سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً، كُلُّهَا فِي النَّارِ إِلاَّ وَاحِدَةً، وَهِيَ الْجَمَاعَةُ
“Umatku akan terpecah menjadi 72 kelompok. Semuanya berada di dalam neraka kecuali satu, yaitu al-jamaah.”

Loyalitas kepada Al-Haq dan Bara’ dari Kebatilan
Prinsip yang mendasar di dalam agama, aplikasi akidah yang murni, dan penerapan manhaj yang selamat adalah loyalitas kepada al-haq dan pembawanya, serta berlepas diri dari kebatilan dan pengusungnya.
Saat seseorang ingin menyelami ilmu agamanya, dia akan bertemu dengan prinsip ini. Tatkala dia ingin merealisasikan akidahnya yang lurus dalam kehidupan, dia akan mendapatkannya.
Apabila dia ingin melangkah di atas jalan para pendahulunya yang saleh, niscaya dia akan meniti prinsip yang mendasar ini, yaitu al-wala’ dan al-bara’. Bahkan, sebelum semuanya ini, apabila dia mengkaji dan mendalami al-Qur’an dan as-Sunnah, prinsip al-wala’ dan al-bara’ akan didapatinya.
Loyalitas kepada al-haq dan bara’ dari kebatilan termasuk dalam amar ma’ruf dan nahi mungkar. Tatkala menerapkan prinsip al-wala’ dan al-bara’, sungguh dia telah melakukan pendekatan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala, membela, melindungi agama-Nya, serta menyelamatkan kaum muslimin dari berbagai kebatilan dan penyimpangan dalam agama.
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam mukadimah Ushul ats-Tsalatsah menjabarkan, “Ketahuilah, semoga Allah subhanahu wa ta’ala merahmatimu bahwa wajib atas setiap muslim dan muslimah mengetahui tiga hal dan mengamalkan ketiganya.”
Di antara ketiga hal tersebut, beliau menyebutkan bahwa barang siapa menaati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mentauhidkan Allah subhanahu wa ta’ala, dia tidak boleh berloyalitas kepada orang yang menentang Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya, walaupun dia adalah kerabat yang paling terdekat. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman (yang artinya),

لَّا تَجِدُ قَوۡمٗا يُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ يُوَآدُّونَ مَنۡ حَآدَّ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَلَوۡ كَانُوٓاْ ءَابَآءَهُمۡ أَوۡ أَبۡنَآءَهُمۡ أَوۡ إِخۡوَٰنَهُمۡ أَوۡ عَشِيرَتَهُمۡۚ أُوْلَٰٓئِكَ كَتَبَ فِي قُلُوبِهِمُ ٱلۡإِيمَٰنَ وَأَيَّدَهُم بِرُوحٖ مِّنۡهُۖ وَيُدۡخِلُهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَاۚ رَضِيَ ٱللَّهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُواْ عَنۡهُۚ أُوْلَٰٓئِكَ حِزۡبُ ٱللَّهِۚ أَلَآ إِنَّ حِزۡبَ ٱللَّهِ هُمُ ٱلۡمُفۡلِحُونَ ٢٢

“Kamu tidak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah subhanahu wa ta’ala dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang Allah telah tanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang dari-Nya. Dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah bahwa sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung.” (al-Mujadilah: 22)
Dalam kitab yang sama, asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah menuliskan, “Islam adalah memasrahkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan mentauhidkan-Nya, tunduk dan patuh kepada-Nya dengan melaksanakan ketaatan, serta berlepas diri dari kesyirikan, kebid’ahan, dan pelakunya.”
As-Sa’di rahimahullah berkata, “Tahqiq attauhid (merealisasikan tauhid) artinya menjaga dan membersihkannya dari syirik besar dan kecil, membersihkan dari bid’ah dalam bentuk ucapan, keyakinan, perbuatan, dan amalan, serta membersihkannya dari perbuatan maksiat.
Itulah cara menyempurnakan keikhlasan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dalam ucapan, perbuatan, keinginan, dan selamatnya kita dari syirik besar (yang akan meruntuhkan fondasi tauhid) dan syirik kecil (yang akan menafikan kesempurnaan tauhid), serta selamat dari kebid’ahan dan kemaksiatan yang akan menodai tauhid, menghalangi kesempurnaannya, dan mengganggu buah dari nilai-nilainya.” (al-Qaul as-Sadid, hlm. 13—14)
Allah subhanahu wa ta’ala dalam al-Qur’an menceritakan tentang prinsip al-wala’ dan al-bara’ dalam amal nyata salah satu utusan dan rasul-Nya, yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam,

وَإِذۡ قَالَ إِبۡرَٰهِيمُ لِأَبِيهِ وَقَوۡمِهِۦٓ إِنَّنِي بَرَآءٞ مِّمَّا تَعۡبُدُونَ ٢٦ إِلَّا ٱلَّذِي فَطَرَنِي فَإِنَّهُۥ سَيَهۡدِينِ ٢٧  وَجَعَلَهَا كَلِمَةَۢ بَاقِيَةٗ فِي عَقِبِهِۦ لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُونَ ٢٨

Dan ingatlah saat Nabi Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya, “Sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kalian sembah kecuali (aku tidak berlepas diri) dari Dzat yang telah menciptakanku. Sesungguhnya Dialah yang akan memberiku petunjuk.” Dan (Ibrahim) menjadikan sebagai kalimat yang abadi pada anak keturunannya agar mereka kembali (kepada Allah). (Az-Zukhruf: 26—28)
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam Ushul ats-Tsalatsah menjadikan ayat ini dan ayat 64 surat Ali ‘Imran sebagai ayat yang menafsirkan kalimat, “La ilaha illallah.” Dari sini kita ketahui bahwa kalimat tauhid adalah kalimat al-wala’ dan albara’.

Mana Wala’-mu Terhadap Kebenaran?
Di mana bentuk ittiba’-mu kepada al-haq dan ahlinya? Di mana kejujuranmu dalam mengikuti al-haq saat berhadapan dengan keinginan hawa nafsumu dan hawa nafsu orang lain?
Saudaraku, engkau tidak akan sempurna mengikuti al-haq berlepas diri dari hawa nafsu. Engkau pun tidak mampu loyal kepada al-haq dan ahli al-haq sampai melepaskan diri dari belenggu hawa nafsu.
Betapa sering al-haq itu dihakimi tatkala al-haq tidak mendukung langkah dan pemikiran kita. Betapa sering alhaq dipermainkan untuk diperjualbelikan dengan mendapatkan dunia yang hina, mendapatkan posisi di hati manusia, menjadi orang yang terkenal, tersohor, dan orang yang dikatakan pemberani.
Betapa sering kita mengangkat individu dan pendapat seseorang di atas al-haq. Betapa sering pula al-haq menjadi batu loncatan untuk mencapai keinginan dunia yang disembunyikan di dalam dada.
Al-Imam Ahmad rahimahullah menjelaskan dalam salah satu risalah beliau, Ushul as-Sunnah, “As-Sunnah di sisi kami adalah riwayat dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. As- Sunnah menafsirkan al-Qur’an dan menjelaskannya. Tidak ada qiyas di dalam as-Sunnah, tidak boleh didatangkan contoh (untuk menentangnya), dan tidak akan bisa digapai oleh akal dan hawa nafsu. Sesungguhnya, sikap yang ada adalah mengikuti (as-Sunnah) dan melepaskan diri dari hawa nafsu.”
Syaikhul Islam rahimahullah berkata, “Barang siapa berpaling dari kebenaran yang telah dia ketahui guna mengikuti hawa nafsunya, sesungguhnya hal itu akan melahirkan kejahilan dan kesesatan. Akibatnya, hatinya buta dari kebenaran yang sudah jelas sebagaimana firman Allah, ‘Saat mereka berpaling, Allah memalingkan hati mereka,’ (ash-Shaff).” (Majmu’ Fatawa, 10/10)
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

ٱلۡحَقُّ مِن رَّبِّكَ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡمُمۡتَرِينَ ١٤٧

“Kebenaran itu datang dari Rabbmu. Janganlah kamu ragu-ragu.” (Al- Baqarah: 147)
Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, “Ayat ini termasuk tatsbit (pengokohan) terhadap diri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kaum mukminin. Selain itu, ayat ini memberitahukan kepada mereka bahwa apa yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah al-haq yang tidak ada keraguan padanya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, ‘Kebenaran itu datang dari Rabbmu, janganlah ragu-ragu’.” (Tafsir Ibnu Katsir)
As-Sa’di rahimahullah menjelaskan, “Inilah al-haq yang pantas untuk dinamakan haq dari semua sisi. Sebab, al-haq mencakup semua keinginan yang tinggi, urusan yang baik, penyucian jiwa, serta dorongan untuk bisa memperolehnya dan menolak segala yang merusaknya; karena al-haq datang dari Rabbmu. Termasuk dari bentuk pendidikan-Nya kepadamu adalah diturunkannya al-Qur’an yang mengandung pendidikan terhadap akal, jiwa, dan semua kemaslahatan.” (Tafsir as-Sa’di)
Abu Bakr ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku tidak meninggalkan sedikit pun apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali telah aku kerjakan. Aku takut apabila meninggalkan perintahnya, aku akan tersesat.”
Ucapan Abu Bakr radhiallahu ‘anhu dikomentari oleh al-Imam ad-Dzahabi rahimahullah, “Wahai saudaraku, inilah ash-Shiddiq yang besar (Abu Bakr). Dia mengkhawatirkan penyimpangan pada dirinya apabila menyelisihi apa yang datang dari Nabinya. Bagaimana lagi dengan zaman kita ini, yang generasinya mencela Nabi mereka, mencela perintahnya, merasa bangga dengan menyelisihi Nabinya, dan menghinakannya sunnahnya?! Kita meminta kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar menjaga kita dari ketergelinciran dan menyelamatkankita dari kejelekan amal kita.” (al-Ibanah, 1/246)
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam ad-Durar as- Saniyyah (1/37-38), menegaskan, “Segala pujian dan nikmat dari Allah subhanahu wa ta’ala dan pemilik kekuatan. Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala telah memberiku hidayah kepada jalan yang lurus, yaitu agama yang lurus, agama Nabi Ibrahim ‘alaihissalam; dan dia bukan termasuk orang yang menyekutukan Allah subhanahu wa ta’ala.
Alhamdulillah, aku tidak mengajak kepada mazhab Sufi, kepada seorang fakih tertentu, kepada seorang ahli kalam, atau salah satu imam yang aku muliakan.
Akan tetapi, aku menyeru kepada Allah subhanahu wa ta’ala semata dan mengajak manusia menuju sunnah Rasulullah; mengajak umat yang pertama dan yang terakhir menuju sunnahnya.
Aku berharap tidak menolak kebenaran apabila datang kepadaku. Bahkan, aku mengangkat persaksian di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala, para malaikat, dan seluruh makhluk-Nya, apabila kalimat yang benar dari kalian datang kepadaku, niscaya aku akan tetap menerimanya sepenuhnya. Akan kubuang ucapan imam mana pun yang menyelisihi kebenaran, selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang tidak berkata kecuali perkataan yang benar.”

Mana Bara’-mu dari Kebatilan?
Konsekuensi membela dan berwala’terhadap kebenaran adalah berlepas dari segala bentuk kebatilan dan ahli batil; berlepas diri dari berbagai kesyirikan dan pelakunya, kebid’ahan dan para penyerunya, kemaksiatan dan para dalangnya, dan sebagainya.
tangan-ke-atas
Sikap bara’ dari kebatilan merupakan sikap yang diajarkan oleh al-Qur’an dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan telah diaplikasikan oleh para pendahulu kita yang saleh dari umat ini. Sikap bara’ dari kebatilan itu tercermin pada:
  1. Mengingkari kebatilan tersebut
  2. Memperingatkan umat dari bahayanya
  3. Menyikapi para pelaku kebatilan tersebut, dengan tidak menyapanya, tidak mengucapkan salam kepadanya, tidak menjawab salamnya, meninggalkannya, tidak berteman dengannya, tidak menjenguknya apabila sakit, dan tidak mengiringi jenazahnya.
Diberitahukan kepada Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma bahwa di kota Bashrah ada seseorang yang bernama Ma’bad al-Juhani yang mengingkari takdir. Meskipun dia dan pengikutnya gemar membaca al-Qur’an dan belajar ilmu, namun mereka menolak takdir dan mengatakan bahwa urusan ini unuf (terjadi tanpa diketahui oleh Allah subhanahu wa ta’ala kecuali setelah terjadinya).
Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma berkata (meski tidak pernah bertemu dengan Ma’bad al-Juhani, namun cukup mendengar kejelekan dan kebatilan tersebut dari orang yang tepercaya), “Apabila kalian bertemu dengannya, beritahukanlah bahwa aku berlepas diri dari mereka dan mereka berlepas diri dariku.
Demi Allah, yang Ibnu Umar bersumpah dengan-Nya, sekiranya mereka memiliki emas sebesar Gunung Uhud dan menyedekahkannya, niscaya Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan menerimanya sampai mereka beriman kepada takdir.” (Shahih Muslim, no. 1)
Umar ibnul Khahthtab radhiallahu ‘anhu pernah menghukum Shabigh bin ‘Asl saat datang ke kota Madinah, Dia membawa banyak kitab lantas bertanya kepada penduduk Madinah tentang ayat-ayat mutasyabihat. Sampailah berita tersebut kepada diri Umar radhiallahu ‘anhu. Beliau radhiallahu ‘anhu memanggil Shabigh dan menyiapkan manggar kurma seraya bertanya kepadanya, “Siapa kamu?”
Dia menjawab, “Aku hamba Allah, Shabigh.”
Umar radhiallahu ‘anhu menimpali, “Dan aku hamba Allah, Umar,” sembari memukul kepalanya sampai bercucuran darah.
Setelah itu, Shabigh berkata, “Cukup, wahai Amirul Mukminin. Sungguh, telah hilang apa yang aku rasakan di kepalaku.”
Umar lantas memerintahkan agar Shabigh dibawa ke negerinya dan memperingatkan manusia agar tidak mendekatinya sampai meninggal dunia dalam keadaan rendah, padahal sebelumnya dia adalah pemimpin kaumnya. (asy-Syari’ah hlm. 75, al- Ajurri)
Wallahu a’lam.

Ditulis oleh al-Ustadz Abu Usamah Abdur Rahman

Related Posts